Pahami Siklus Ovulasi dan Menstruasi untuk Cek Masa Subur

Mengapa memahami siklus ovulasi penting bagi Ibu sedang merencanakan kehamilan? Karena dengan memahaminya Ibu dapat memperoleh gambaran ...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

not yet estimated
20 Mar 2024
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK


Mengapa memahami siklus ovulasi penting bagi Ibu sedang merencanakan kehamilan? Karena dengan memahaminya Ibu dapat memperoleh gambaran mengenai waktu yang tepat untuk melakukan hubungan seksual. Tapi ingat ya, Bu, spontanitas kehidupan seksual tetap yang utama. Sangat penting untuk tetap menikmati kehidupan seksual Ibu dengan nyaman dan penuh cinta.

Bagaimana Mengetahui Siklus Ovulasi Saya?

Ovulasi adalah proses keluarnya sel telur dari indung telur.  Proses yang terjadi dalam tubuh Ibu tentunya tak mudah diketahui begitu saja.  Perhitungan tanggal secara matematika juga belum tentu menjamin 100% akurat.  Apalagi jika Ibu termasuk perempuan dengan jadwal menstruasi kurang teratur.

Agar dapat semakin akurat mengenali kapan Ibu memasuki masa subur, coba perhatikan beberapa tanda sederhana berikut ini :

  • Masa subur saat ovulasi. Bila masa haid Ibu terjadi setiap 23 sampai 35 hari, maka ovulasi terjadi kira-kira dua minggu sebelum waktu haid Ibu. Meskipun hal ini bervariasi pada tiap perempuan, namun sebagian besar perempuan memiliki siklus 28 hari dan berovulasi di sekitar hari ke 14.
  • Tanda-tanda ovulasi. Lendir vagina Ibu meningkat dan menjadi lebih lengket, seperti putih telur.
  • Mencatat suhu tubuh.  Ovulasi juga bisa ditandai dengan meningkatnya suhu tubuh Ibu. Ibu perlu  mencatatnya pada waktu yang sama setiap pagi, sebelum minum, makan atau bangun dari tempat tidur.
  • Gunakan alat khusus. Untuk  mengetahui terjadinya ovulasi, Ibu bisa menggunakan test pack kesuburan, untuk menguji urin seperti pada uji kehamilan (alat ini bisa dibeli di apotek atau supermarket besar).
  • Hubungan seksual teratur selama masa subur. Bila Ibu merasa sedang berada dalam masa subur atau ovulasi, ini adalah waktu yang tepat untuk sering melakukan hubungan seksual. Hal ini akan meningkatkan kesempatan Ibu untuk hamil. Karena sperma dapat bertahan hingga 7 hari, berarti lebih banyak kemungkinan untuk membuahi sel telur.

Apakah Ovulasi Saya Berhasil?

Ovulasi yang berhasil artinya Ibu berhasil mewujudkan kehamilan. Agar tak terlambat mengetahuinya, cobalah kenali tanda awal kehamilan. Semakin awal Ibu tahu semakin baik karena Ibu dapat menjaga kondisi tubuh dan nutrisi yang kondusif bagi pertumbuhan janin dalam kandungan. Bila butuh informasi tentang tanda awal kehamilan, silahkan pelajari lebih lanjut bersama Bebeclub.

Baca Juga: Berapa Lama Ibu Harus Menunggu Kehamilan?



 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait